– Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan performa ekonomi Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia di tengah banyaknya global pasca pandemi Covid-19.

Perry mengatakan pemulihan ekonomi Indonesia yang berjalan kuat hingga pertengahan tahun terutama didukung oleh , baik moneter maupun fiskal, yang sangat inovatif.

“Kenapa? Karena kita sangat inovatif. Kita memiliki kerangka kerja penargetan inflasi, juga kita menangani berbagai , seperti aliran modal asing dan stabilitas sistem keuangan,” katanya dalam acara High Level Seminar on Frameworks for Integrated Policy: Experiences and The Way-Forward, Selasa (22/8/).

Di kesempatan yang sama, Perry kembali menuturkan, pembuat didalam negeri bersinergi sangat kuat dalam memitigasi dampak dari dinamika global. Baik dari sisi fiskal dan moneter, tuturnya.

Adapun pertumbuhan ekonomi Indonesia, diperkirakan tumbuh kuat pada kisaran 4,5 hingga 5,3 persen, yang didukung oleh konsumsi domestik, , dan penurunan laju inflasi, bebernya.

“Inflasi di dalam negeri turun sangat cepat. Bahkan salah satu yang tercepat di dunia. Tahun lalu, inflasi mendekati 7 persen, sekarang data terakhir pada Juli sudah 3 persen dan diperkirakan terus menurun,” pungkasnya. (ir)****