Yogyakarta diguncang bumi berkekuatan M6,4 pada Jumat, 30 Juni 2023. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika () melaporkan kejadian ini melalui resminya.

Gempa terjadi pada pukul 19:57:41 WIB dengan pusat gempa berada di Laut 86 km Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan memiliki kedalaman 25 km.

Guncangan gempa tidak hanya dirasakan di Yogyakarta, tetapi juga mencapai Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Beberapa daerah yang merasakan getaran gempa antara lain Nganjuk, Kebumen, Ponorogo, , Mojokerto, dan . Masyarakat di daerah sekitarnya juga melaporkan merasakan gempa bumi tersebut.

Meskipun gempa memiliki kekuatan yang cukup besar, menyatakan bahwa tidak ada potensi tsunami yang dihasilkan oleh gempa ini. Hal ini memberikan sedikit kelegaan bagi masyarakat setempat.

Setelah gempa utama, terjadi beberapa kali gempa susulan dengan intensitas yang lebih rendah. Pada pukul 20:19 WIB, gempa susulan pertama terjadi dengan kekuatan M3,5 dan pusat gempa berada 55 km Barat Daya Bantul, DIY, dengan kedalaman 37 km.

Kemudian pada pukul 20:25 WIB, gempa susulan kedua terjadi dengan kekuatan M3,4 dan berpusat di 79 km Barat Daya Bantul, DIY, dengan kedalaman 43 km.

Disusul kemudian gempa susulan ketiga pada pukul 20:31 WIB dengan kekuatan M4,2, di mana pusat gempa terjadi di 74 km Barat Daya Bantul, dengan kedalaman 39 km.

Saat ini, belum ada laporan mengenai jiwa akibat gempa bumi tersebut. Pihak berwenang sedang melakukan evaluasi dan pengumpulan lebih lanjut untuk memastikan dampak yang terjadi akibat gempa ini. Tim pemantau gempa bumi terus memantau situasi dan memberikan terkini kepada masyarakat.