Tuturan id – Empat besar di berhasil mencatatkan peningkatan bersih gabungan yang mengesankan. Hal tersebut terungkap dalam laporan riset Samuel Sekuritas yang dirilis pada Rabu (7/6/2023).

Keempat tersebut adalah PT BCA Tbk (kode saham BBCA), PT Mandiri Tbk (kode saham BMRI), PT Bank BRI Tbk (kode saham BBRI), dan PT Bank BNI Tbk (kode saham BBNI).

Dalam kurun waktu Januari hingga April 2023, keempat bank kelas atas ini berhasil mencatatkan bersih gabungan sebesar Rp57,9 triliun. Jumlah ini menunjukkan peningkatan sebesar 19,9 persen dibandingkan dengan bersih gabungan pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan yang signifikan ini didorong oleh faktor utama, yaitu penurunan biaya provisi yang terjadi sepanjang periode tersebut. Biaya provisi yang dianggarkan oleh keempat bank ini tercatat sebesar Rp20,4 triliun.

Menariknya, biaya provisi tersebut mengalami penurunan sebesar 24,7 persen jika dibandingkan dengan periode Januari hingga April 2022. Hal ini menunjukkan efisiensi yang dicapai oleh keempat bank dalam mengelola risiko kredit dan pembiayaan.

Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI terus berupaya memperkuat posisi mereka di perbankan. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah mengimplementasikan yang berhasil, termasuk pengembangan produk dan layanan yang inovatif serta perluasan jaringan cabang.***