Tuturan id – Badan Eksekutif Universitas (BEM UI) akan menggelar debat bakal Calon Presiden pada 14 September di Balairung yang terletak di Kampus UI, Depok.

Bakal calon presiden (Bacapres) dari Anies Baswedan mengatakan tetap hadir di acara debat kandidat yang digelar oleh BEM UI yang akan dilaksanakan pada Kamis hari ini.

“Saya siap datang,” ucap Anies kepada KBA News ditemui dalam acara Deklarasi Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh (KSPSI) di Hotel Menara Peninsula, Jakarta Barat, Selasa, 12 September .

Mantan Gubernur DKI Jakarta menyampaikan dirinya ada acara di luar kota di tanggal 13-14 September . Namun dibatalkan, karena ingin menghadiri debat kandidat Capres di BEM UI.

“Bahkan sebenarnya ada rencana keluar. Saya batalkan, supaya bisa memenuhi undangan BEM UI. Kita siap datang,” kata Anies.

Ia pun menegaskan akan hadir seperti undangan dari penyelenggara. Dia tidak ingin melakukan pengulangan jadwal yang sudah direncanakan sebelumnya.

“Kalau saya siap. Sesuai undangan penyelenggara. Penyelenggara melaksanakan,” imbuh Anies.

Sementara itu, Badan Eksekutif Universitas (BEM UI) mengatakan dua dari tiga bakal calon presiden (capres) berhalangan hadir untuk mengikuti debat yang seharusnya digelar, Kamis (14/9/). Debat capres akan diundur dan batal digelar sesuai hari yang ditentukan.

“Kami menemukan bahwa hanya terdapat satu dari tiga calon calon presiden yang dapat hadir. Tim pemenangan Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa Ganjar akan menjalankan ibadah umroh dari tanggal 10 sampai 16 September 2023 sehingga berhalangan hadir.

Di sisi lain, Prabowo Subianto pun dikatakan berhalangan karena harus menghadiri tugas kenegaraan di luar negeri,” tulis BEM UI dalam keterangan tertulis, Rabu (13/9/2023).

Hanya bakal capres Anies Baswedan yang dipastikan bisa hadir, sehingga gelaran itu harus dibatalkan.

“Menyikapi hal tersebut, untuk menjaga netralitas kompetisi politik dan menjaga esensi dari penyelenggaraan kegiatan ini, kami memutuskan untuk menunda kegiatan adu gagasan Bakal Calon Presiden 2024,” kata BEM UI.**(jo)