– Pemerintah Indonesia mengapresiasi upaya Mesir dan Qatar atas dukungannya dalam membantu proses Negara Indonesia (WNI) dari Gaza, Palestina.

Hal itu disampaikan luar negeri Republik Indonesia Lalu Muhammad Iqbal dalam sebuah pernyataannya yang diterima media ini, Sabtu (4/11/2023)

“Mesir dan Qatar adalah di antara negara yang ikut bantu proses WNI dari Gaza. Pemerintah Indonesia sangat menghargai tersebut,” kata Iqbal dalam sebuah pernyataannya.

Ia juga menyebutkan jika Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah melakukan komunikasi secara intensif dengan semua pihak yang memiliki aset di Gaza.

Disamping itu, Pemerintah Indonesia saat ini juga masih mengupayakan terhadap satu keluarga WNI dari Jalur Gaza, yang telah mendapatkan serangan udara dari Israel sejak 7 Oktober 2023.

“Saat ini kita masih berusaha untuk satu keluarga WNI dari Gaza di tengah situasi yang sangat kritis,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi empat WNI, atas nama Abdillah Onim bersama tiga anaknya dan istrinya yang merupakan Palestina, dari Jalur Gaza ke Kairo, Mesir.

“Alhamdullillah, puji syukur, pada 2 November sekitar pukul 19.00 waktu Mesir atau sekitar pukul 00.00 pada 3 November WIB, empat WNI dan satu istri WNI telah berhasil dievakuasi dari Gaza dan sudah tiba di Rafah,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Saat ini negara Republik Indonesia tengah fokus menyalurkan sejumlah bantuan ke wilayah Palestina yang mulai disalursecara resmi oleh hari ini.***(id)