– Herzaky Mahendra Putra, Kepala Badan Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat, mengungkapkan bahwa pasangan calon (paslon) yang akan diusung oleh untuk Persatuan (KPP) dalam pasti akan mengejutkan para calon presiden (capres) dan koalisi lainnya.

Herzaky menyatakan hal ini saat dikonfirmasi pada hari Minggu (4/6/2023). Menurut Herzaky, pasangan yang segera diumumkan tersebut akan menjadi pasangan terbaik yang siap maju dalam Pilpres 2024.

“Mereka bisa membawa kemenangan di Pilpres 2024 sesuai dengan harapan rakyat,” ucapnya dikutip dari laman Kompas.

Namun, Herzaky enggan membocorkan apakah nama calon wakil presiden () yang akan mendampingi Anies Baswedan berasal dari tiga nama yang telah beredar, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Khofifah Indar Parawansa, dan Agus Heryawan (Aher). Herzaky menyebut bahwa Anies sendiri yang akan mengumumkan nama cawapresnya.

Herzaky juga menyampaikan peringatan bahwa ada upaya-upaya untuk menjegal Anies sebelum pengumuman dilakukan. Rumor tentang ketidaksolidan dan ketidakkompaakan untuk Persatuan telah disebarluaskan.

Untuk itu, Herzaky mengingatkan agar bersabar dan menunggu pengumuman resmi dari Anies sendiri pada waktu yang tepat.

“Kami harus berhati-hati. Tanpa diumumkan lebih awal pun, sudah banyak upaya potong memotong, jegal menjegal, dan menyebar rumor tentang kami tidak solid dan tidak kompak,” tegasnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan telah mengungkapkan bahwa dirinya telah mengantongi satu nama calon wakil presiden () untuk untuk Persatuan. Namun, Anies menyatakan bahwa masih ada proses yang harus dilalui sebelum dapat mendeklarasikan pendampingnya tersebut.

“Masih panjang, masih panjang. Pokoknya sudah ada. Tapi, nanti pada waktunya diumumkan,” ungkap Anies pada Jumat (2/6/2023) di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta.

Anies juga telah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di Pacitan, Jawa Timur, pada Kamis (1/6/2023). Selain itu, Anies juga bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Namun, hingga saat ini Anies belum bertemu dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu.

“Nanti kita akan ketemu (pimpinan PKS) lagi dalam waktu dekat ini,” ujar Anies.****