Tuturan id – Dalam rangka meningkatkan pengamanan kegiatan KTT Ke-43, sebanyak 6.182 personel kepolisian dikerahkan dengan sandi Operasi Tribrata Jaya.

Hal itu disampaikan Kapolri Polisi saat menyampaikan amanat dalam apel gelar pasukan pengamanan KTT ke-43 yang diselenggarakan di Monas, Jakarta Pusat, hari ini Jumat (1/9/).

“Khusus operasi kepolisian melibatkan sebanyak 6.182 personil,” ujar Sigit di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/).

Koordinasi Polri juga dilakukan bersama dengan TNI yang mengerahkan belasan ribu personelnya dalam rangka menjamin kenyamanan dan kelancaran para delegasi negara yang datang.

“Oleh karena itu sinergitas dan soliditas antara seluruh unsur terkait merupakan kunci utama keberhasilan operasi,” kata Sigit.

Ribuan personel yang dikerahkan terbagi dari Mabes Polri 1.624 personel, Polda Metro Jaya 3918 personel, Polda Jawa Barat 320 personel, dan Polda Banten 320 personel.

“Koordinasi dan komunikasi harus terjalin dengan baik agar seluruh rangkaian kegiatan pengamanan dapat berjalan secara optimal,” jelasnya, dikutip Pmjnews.

Sementara itu Presiden Joko Widodo juga memastikan kesiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang saat ini sudah mencapai 99,9 persen.

Hal tersebut disampaikan setelah meninjau venue KTT ASEAN di Balai Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, hari ini Jumat (1/9/).

“Ya, saya melihat persiapan sudah 99,9 persen. Jadi, siap kita melaksanakan ASEAN Summit dan ya kecil-kecil tadi yang perlu dirampungkan dalam sehari-dua hari ini,” tuturnya kepada awak media di JCC Senayan.***(ar)