Tuturan id – Sebanyak 430 mobil listrik disiapkan pemerintah untuk dipergunakan dalam berbagai acara selama rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States () Forum 2023 yang akan digelar pada 10 hingga 11 Oktober 2023 di Nusa Dua, Provinsi Bali.

Kepala Bagian Kendaraan, Kabag Kendaraan Kemensetneg Masduki mengatakan, kendaraan ramah lingkungan itu terdiri atas empat merek BMW tipe i7 sebanyak 28 Unit, Hyundai sebanyak 236 unit (tipe 6 sebanyak 38 unit dan 5 sebanyak 198 unit) serta Toyota tipe bZ4X sebanyak 66 unit dan Wuling Air Ev sebanyak 100 unit, ujarnya.

Adapun BMW i7 akan dipergunakan sebagai kendaraan Very Very Important Person (VVIP) dalam rangkaian Kepala Negara, sedangkan Hyundai Ioniq 6 disiapkan sebagai kendaraan Very Important Person (VIP) dalam rangkaian Menteri kebawah, rincinya.

Sementara para delegasi yang hadir mendampingi Kepala Negara atau Menteri disiapkan kendaraan Toyota bZ4X, tambahnya

“Rangkaian itu tidak terlepaskan dan hanya dapat digunakan dari bandara ke dan veneu, begitu sebaliknya,” kata Masduki, dalam keterangannya dikutip tuturan.id, pada Minggu (8/10/2023).

Selain rangkaian VVIP dan VIP, pemerintah menyiapkan mobil tiga unit Wuling Air EV untuk operasional masing masing negara, jelasnya.

Masduki menerangkan, penggunaan Wuling Air EV itu diserahkan pada masing masing Naradamping atau Liaison Officer (LO), yang serah terimanya telah dilakukan dari Kemensetneg ke Luar Negeri (Kemenlu).

Sebelumnya Panitia penyelenggara KTT Forum telah menyiapkan shuttle bus gratis bagi para jurnalis menuju Media Center di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, terangnya.

Pengadaan shuttle bus bertujuan untuk memudahkan pergerakan jurnalis peliput KTT Forum yang diselenggarakan pada 10 hingga 11 Oktober 2023 menuju dan meninggalkan Media Center. Ada dua titik keberangkatan dengan tiga rute.l, ungkap Madsuki.

Demikian diungkapkan Direktur Jenderal dan Komunikasi Publik (IKP) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong di , beberapa waktu lalu.

”Kami menyediakan shuttle bus yang terus bergerak dengan tiga rute menuju Media Center. Jurnalis agar memanfaatkan layanan ini untuk menuju Media Center atau kembali ke titik awal,” pungkasnya.***(Sw)