Tuturan id – Virgin Galactic akan melakukan percobaan dan simulasi penerbangan Luar Angkasa Komersial pertamanya. Jika semuanya berjalan lancar, berharap dapat menawarkan penerbangan bulanan yang dimulai Agustus tahun ini. Masyarakat umum dengan kemampuan kuat bisa merasakan pengalaman seperti astronaut, terbang melihat luar angkasa.

Virgin Galactic bertujuan menjadi pemain utama dalam bidang pariwisata luar angkasa yang saat ini sedang berkembang. Penerbangan, yang akan berlangsung selama 90 menit, diluncurkan dari New Mexico dan membawa penumpang sekitar 50 mil ke udara. Dijuluki “Galactic 01,” itu memulai apa yang dikatakan akan menjadi penerbangan luar angkasa komersial bulanan mulai Agustus.

Dilansir USNews, penerbangan pertama nantinya memiliki tujuan ilmiah, dengan tiga orang awak dari Italia melakukan eksperimen suborbital. Mereka akan ditemani oleh lima awak Virgin Galactic, satu instruktur astronot dan empat pilot.

“Galactic 01 adalah penerbangan luar angkasa komersial pertama kami dan kami merasa terhormat telah dipilih oleh Angkatan Udara Italia dan Dewan Riset Nasional untuk mendukung misi penelitian luar angkasa pertama mereka,” Michael Colglazier, kepala eksekutif Virgin Galactic.

Misi penelitian Virgin Galactic akan mengantarkan era baru akses berulang dan andal ke ruang angkasa untuk pemerintah dan lembaga penelitian di tahun-tahun mendatang.

Jika penerbangan berhasil, Virgin Galactic, yang dimiliki oleh miliarder Richard Branson, bergabung dengan SpaceX dan Blue Origin dalam perlombaan untuk mengkomersialkan ruang angkasa.

Virgin Galactic melakukan penerbangan keselamatan berawak tahap yang sukses pada Mei. Tapi semua mata akan tertuju pada keselamatan penerbangan setelah nasib kapal selam penjelajah wisata titanic minggu. Hal ini menarik perhatian banyak orang dari segi pariwisata ekstrem yang mahal.

Wisata luar angkasa secara komersial milik Virgin Galactic melaporkan sudah memiliki “beberapa ratus” pelanggan milioner yang mengantre untuk penerbangannya. Sementara yang ditawarkan perwisatawan dalam sekali perjalanan mencapai $450.000 atau jika mengambil kurs saat ini senilai 6.781.725.000 atau 6,7 Milyar. ****