Tuturan id – Presiden Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi berulang tahun yang ke-62 pada hari ini Rabu, 21 Juni 2023. Meski demikian hal ini bukan menjadi momen spesial bagi Jokowi sebagai seorang presiden.

Jokowi, yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961, menghabiskan waktu di Bogor .

Hari ini, dirinya mengunjungi Pasar Tohaga Parung, Bogor, untuk menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para pedagang. Kegiatan serupa juga dilakukan saat Jokowi mengunjungi Pasar Parungpung Gunung Sindur.

Setelah blusukan di pasar, Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Istana Bogor. Meskipun belum diketahui secara rinci kegiatan apa yang dilakukan oleh Jokowi di Istana Bogor dan agenda berikutnya.

Menariknya, Jokowi sebelumnya pernah mengungkapkan bahwa beliau tidak pernah merayakan ulang tahun. Dikutip dari YouTube Kompas TV, pernyataan ini diungkapkan Jokowi saat menghadiri upacara groundbreaking pembangunan pabrik foil tembaga PT Hailiang Nova Material Indonesia di Gresik, , pada Selasa (20/6/2023), atau sehari sebelum ulang tahunnya.

“Saya enggak pernah ulang tahun. Saya orang desa, enggak pernah ulang tahun. Sejak lahir sampai sekarang,” ujar Jokowi.

Jokowi memastikan bahwa tidak ada agenda khusus yang direncanakan untuk hari ulang tahunnya, Rabu (21/6/2023).

Presiden Jokowi, putra dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi, lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961. Beliau menikah dengan Iriana di Solo pada tahun 1986.

Pasangan tersebut dikaruniai tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Selain itu, Jokowi juga telah dikaruniai tiga orang cucu, yakni Jan Ethes Sri Narendra, Sedah Mirah, dan La Lembah Manah.

Sebelum terjun ke dunia dan pemerintahan, Jokowi adalah seorang pengusaha mebel. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Gadjah Mada (UGM), beliau memulai karier di dunia pemerintahan sebagai Wali Kota Solo.

Jokowi kemudian melanjutkan kiprahnya di Jakarta dengan mengikuti Pemilihan Gubernur Jakarta pada tahun 2012, di mana beliau menjadi Gubernur Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama.

Setelah dua tahun menjabat sebagai gubernur Jakarta, pada tahun 2014, Jokowi mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Indonesia Perjuangan () berpasangan dengan (JK) dan berhasil terpilih.

Kesederhanaan dan kinerja Jokowi yang dinilai baik oleh mayoritas rakyat Indonesia membuat beliau terpilih kembali sebagai presiden untuk periode kedua dalam Pemilihan Presiden 2019.

Pada saat itu, Jokowi didukung oleh PDIP dan delapan partai lainnya, termasuk Golkar, PPP, Nasdem, PKB, Perindro, PSI, Hanura, dan PKPI.

Sederhana dan penuh dedikasi, Presiden Jokowi terus menjalankan tugasnya untuk melayani masyarakat Indonesia. Kepemimpinan Jokowi menjadi harapan yang terbaik untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Selamat Ulang Tahun Pak Jokowi!