– Kabar baik bagi pecinta teh. Sebuah menemukan bahwa minum secangkir teh sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 setidaknya 28%.

Selain itu, minum teh dikatakan dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 15%. Minuman dipercaya dapat meningkatkan ekskresi glukosa urin, meningkatkan resistensi insulin dan dengan demikian mengendalikan kadar gula darah.

Kekurabgan dari di Tiongkok ini adalah kebanyakan orang meminum “teh hitam” yang lebih dibandingkan teh hitam manis yang kebanyakan kita konsumsi. Namun, tim peneliti yakin keduanya mungkin menawarkan manfaat serupa.

“Hasil kami menunjukkan adanya efek perlindungan dari konsumsi teh terhadap pengelolaan gula darah,” Profesor Tongzhi Wu dari Adelaide dalam laporan Mirror, Jumat (6/9/2023).

Ia menambahkan, manfaat teh yang sangat besar bagi kesehatan antara lain mengurangi risiko kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Hal ini terungkap dalam beberapa sebelumnya.

“Hal ini telah dilaporkan dalam beberapa dalam beberapa tahun terakhir, namun mekanisme yang mendasari manfaat ini masih belum jelas,” katanya. “Hasil kami menunjukkan efek perlindungan dari konsumsi teh secara teratur terhadap pengelolaan gula darah melalui peningkatan ekskresi glukosa urin, meningkatkan resistensi insulin dan dengan demikian mengendalikan kadar gula darah yang lebih baik. Manfaat ini lebih terasa pada orang yang minum teh hitam setiap hari.”

Sekadar informasi, hasil ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di Hamburg, Jerman.***(ar)