Tuturan id – menunjukkan bahwa hipertensi adalah penyebab utama kematian dini di seluruh dunia. Sebanyak 10.845.595 orang telah karena penyakit ini.

Sementara juga menunjukkan bahwa merokok adalah penyebab utama kedua kematian dini di seluruh dunia, membunuh 7,7 juta orang.

Sedangkan udara menempati urutan ketiga, dengan 6,7 juta kematian. Penyebab kematian dini ke empat adalah Diabetes, dengan 6,5 juta kematian.

“Lebih banyak lagi yang hidup dengan penyakit terkait merokok yang melemahkan,” tulis NHS seperti dilansir dari laman Express, Minggu (6/8/2023).

NHS telah memperingatkan bahwa diabetes tipe 2 dapat menyebabkan penyakit jantung, , dan kerusakan saraf.

Selain itu, masalah kaki seperti luka dan infeksi, kehilangan penglihatan dan kebutaan, keguguran dan lahir mati, masalah ginjal, masalah seksual. Namun dijelaskan mengontrol kadar gula dapat mengurangi risiko komplikasi.

Sementara, kegemukan atau obesitas adalah penyebab kematian kelima, dengan 5 juta kematian, termasuk 4,5 juta kematian akibat udara luar ruangan, 2,5 juta kematian akibat penggunaan alkohol, dan 2,5 juta kematian akibat udara dalam ruangan.

Orang yang kelebihan berat badan disarankan untuk lebih sering berolahraga dan makan lebih sedikit untuk menurunkan berat badan. Dengan penurunan berat badan yang sehat, Anda bisa kehilangan hingga 2 pon per minggu dan tidak lebih.

Adapun konsumsi alkohol, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan itu terkait dengan tekanan tinggi, , penyakit hati, dan masalah pencernaan.

Penyebab utama kematian dini di seluruh dunia adalah diet tinggi sodium, yang membunuh 1,9 juta, dan diet rendah biji-bijian, yang membunuh 1,8 juta. *