Tuturan id – Jika saat membelah pepaya tak sedikit orang yang hanya mengambil daging buah dan kemudian membuang bijinya.

Setelah membaca artikel ini mungki kamu harus berdikir dua kali lagi untuk membuang biji pepaya.

Biji pepaya diketahui ternyata memiliki beberapa manfaat yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan.

Buah pepaya adalah buah yang berasal dari tanaman pepaya (Carica papaya). Buah ini memiliki bentuk bulat atau oval dengan kulit yang halus dan warna yang bervariasi, mulai dari hijau muda hingga oranye. Daging buah pepaya berwarna oranye atau merah muda, dengan biji yang tersusun di bagian tengahnya.

Selain rasanya yang lezat, pepaya juga kaya akan nutrisi. Buah pepaya mengandung C, A, E, dan K. Ia juga merupakan sumber serat yang baik serta mengandung enzim papain yang dapat membantu dalam pencernaan. Selain itu, pepaya juga mengandung antioksidan seperti karotenoid dan flavonoid yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Secara umum, manfaat kesehatan pepaya meliputi meningkatkan pencernaan, mendukung kekebalan tubuh, melindungi kesehatan mata, dan mengurangi peradangan. Buah pepaya juga diketahui dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, mengurangi risiko jantung, dan mendukung kesehatan kulit.

Dilansir dari berbagai sumber, Biji pepaya memiliki beberapa manfaat yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat biji pepaya:

1. Sumber Nutrisi

Biji pepaya kaya akan nutrisi penting seperti protein, serat, dan lemak sehat. Mereka juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium, serta vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

2. Kesehatan Pencernaan

Biji pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu dalam pencernaan makanan. Enzim ini membantu memecah protein dalam makanan dan memfasilitasi pencernaan yang lebih baik. Konsumsi biji pepaya dapat membantu mengurangi masalah pencernaan seperti kembung, gas, dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Efek Antiparasit

Biji pepaya diketahui memiliki sifat antiparasitik. Ekstrak biji pepaya telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi infeksi cacing dan parasit dalam tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa biji pepaya dapat membantu membasmi parasit usus seperti cacing pita.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji pepaya mengandung asam lemak sehat seperti asam oleat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Asam lemak ini dapat membantu meningkatkan profil lipid tubuh dengan meningkatkan baik (HDL) dan mengurangi jahat (LDL).

5. Efek Antioksidan

Biji pepaya mengandung senyawa antioksidan seperti polifenol dan flavonoid. Antioksidan membantu melawan kerusakan oksidatif dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Mereka dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan peradangan, serta mengurangi risiko kronis seperti jantung, kanker, dan penuaan dini.

Meskipun biji pepaya memiliki manfaat potensial, penting untuk diingat bahwa biji pepaya harus dikonsumsi dengan hati-hati. Biji pepaya mentah memiliki rasa yang pahit dan keras, sehingga lebih umum dikonsumsi dalam bentuk biji pepaya yang telah diproses seperti dalam bentuk ekstrak, minyak biji pepaya, atau suplemen kesehatan.

Sebelum mengonsumsi biji pepaya atau produk biji pepaya, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan dosis dan yang tepat.