Tuturan id – Ada beberapa alasan mengapa kita disarankan untuk memperbanyak minum air putih

Dan alasan utama mengapa kita mesti banyak minum diantranya yakni mencegah tubuh kita kekurangan air (dehidrasi). Tubuh kita terdiri sebagian besar dari air, dan kita terus kehilangan air melalui proses seperti pernapasan, berkeringat, buang air kecil, dan pencernaan.

Jika kita tidak menggantikan cairan yang hilang dengan cukup, kita bisa mengalami dehidrasi, yang dapat menyebabkan kelelahan, kebingungan, penurunan fungsi mental, dan masalah lainnya. Memperbanyak minum air putih membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Kebutuhan air untuk tubuh dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, iklim, kondisi , dan faktor-faktor lainnya. Organisasi (WHO) merekomendasikan asupan air total per hari yang cukup untuk orang dewasa sekitar 2 hingga 2,5 liter.

Namun berbeda lagi bila kita membiasakan mengkonsumsi air hangat di pagi hari, ternyata bisa lebih memberikan manfaat ekstra loh

Dilansir dari berbagai sumber minum air hangat di pagi hari dapat memberikan beberapa manfaat untuk . Berikut adalah beberapa manfaat yang mungkin Anda dapatkan:

1. Membantu melancarkan pencernaan

Minum air hangat di pagi hari dapat merangsang sistem pencernaan dan membantu melancarkan gerakan usus. Ini dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan proses pencernaan.

2. Membersihkan racun dalam tubuh

Air hangat memiliki efek detoksifikasi pada tubuh. Minum air hangat di pagi hari dapat membantu menghilangkan racun dan limbah yang terakumulasi dalam tubuh selama semalam.

3. Meningkatkan

Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh, yang pada gilirannya dapat meningkatkan laju metabolisme. Metabolisme yang lebih tinggi dapat membantu dalam proses pembakaran kalori dan membantu menjaga berat badan yang .

4. Menyegarkan kulit

Minum air hangat dapat membantu membersihkan kulit dari dalam. Ini dapat memberikan kelembapan dan kecerahan alami pada kulit Anda, membantu mengurangi jerawat, dan memberikan tampilan yang lebih segar dan .

5. Membantu dehidrasi

Setelah tidur semalam tanpa minum, tubuh Anda mungkin mengalami dehidrasi ringan. Minum air hangat di pagi hari adalah cara yang baik untuk menghidrasi tubuh Anda kembali dan memulai hari dengan kondisi yang baik.

6. Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh

Air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mempercepat pergerakan sel-sel kekebalan tubuh. Ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

Meskipun minum air hangat di pagi hari memiliki beberapa manfaat, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda.

Selalu dianjurkan untuk minum air secukupnya sepanjang hari dan mendengarkan tubuh Anda sendiri.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis sebelum membuat perubahan besar pada pola minum Anda.

Itulah beberap manfaat minum air hangat di pagi hari, semoga bermanfaat.****