Tuturan id – Kismis merupakan salah satu bentuk dari anggur kering yang dihasilkan melalui pengeringan alami atau buatan yang menyebabkan anggur layu.

Di masyarakat dikenal ada beberapa jenis yang paling populer adalah kismis hitam, kismis merah, kismis hijau, dan kuning.

bergizi tinggi dan kaya kalori ini memiliki ragam nutrisi yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi kita dan memberikan manfaat bagi kesehatan.

Seperti diberitakan Pink Villa, Jumat (27 Oktober 2023), manfaat kismis bagi kesehatan antara lain: 

1. Dapat mengontrol tekanan darah

Hipertensi merupakan penyakit metabolisme yang terjadi karena tekanan darah tinggi, serta  LDL yang tinggi, atau kolesterol jahat. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kismis dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Para peneliti percaya bahwa serat makanan dan potasium membantu mengontrol tekanan darah dengan mengurangi kadar kolesterol, yang bila tinggi, dapat menumpuk di  pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.. 

2. Mengurangi risiko penyakit jantung 

Faktor risiko kardiovaskular yang paling umum adalah dari gaya hidup tidak dan juga sistem genetika seseorang. Oleh karena itu, salah satu aspek gaya hidup adalah pola yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. 

Pada saat yang sama, penting untuk memasukkan makanan yang menyehatkan jantung, seperti kismis.. Kismis mengandung potasium, mineral yang berperan penting dalam mengatur tekanan darah.. 

Kandungan serat dan fitokimia pada kismis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. 

3. Meningkatkan kesehatan usus 

Dalam kandungan satu porsi kismis terdapat 2 gram serat, baik yang larut maupun tidak larut. Kandungan serat makanan meningkatkan kesehatan dengan menambah massa tinja dan membantu pergerakan usus secara teratur. 

Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem . Selain itu, serat larut membantu menjaga kesehatan usus dengan menawarkan lingkungan yang diinginkan bagi bakteri usus untuk berkembang biak.

4. Membantu Mencegah Anemia 

Kismis adalah sumber zat besi yang baik.. Mineral, penting untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah.. Molekul ini adalah kunci bagi sel darah merah untuk membawa oksigen ke sel.. 

Kandungan zat besi yang cukup secara tidak langsung mengatur transfer oksigen ke sel yang diperlukan untuk menjalankan fungsi metabolisme normal, sehingga mencegah kelelahan dan penyakit kekurangan zat besi yang disebut anemia.. 

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang 

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tikus dengan osteoporosis telah memulihkan pengeroposan tulang setelah mengonsumsi makanan utuh seperti plum kering (DP), buah ara, kurma, kismis, atau blueberry.

Hal ini disebabkan adanya mineral seperti kalsium dan boron dalam kismis yang mendukung kesehatan tulang.. Mendapatkan cukup kalsium  penting untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis.

Boron, mineral lain yang ditemukan dalam kismis, juga berkontribusi terhadap kesehatan tulang.. Konsumsi kismis dalam jangka panjang dapat membantu mencegah masalah kesehatan tulang, karena 1/4 porsi kismis mengandung lebih dari 25 miligram kalsium.**(AD)