id – Plak dalam pembuluh darah terjadi akibat adanya akumulasi penumpukan lemak, kolesterol, sel-sel darah, dan bahan lainnya di dinding pembuluh darah. 

Plak ini biasanya terbentuk dalam arteri, yang merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke berbagai bagian tubuh. Terbentuknya plak ini juga merupakan tahap awal dalam prises terjadinya penyakit arteri koroner (CAD) dan aterosklerosis.

Proses terbentuknya plak ini sendiri diawali akibat adanya kerusakan pada lapisan dalam arteri, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti tekanan darah tinggi, merokok, kolesterol tinggi, atau diabetes. 

Setelah kerusakan tersebut terjadi, lemak darah, terutama kolesterol LDL (kolesterol jahat), mulai menumpuk di area tersebut. Seiring berjalannya waktu, penggumpalan tersebut dapat mengeras dan membentuk plak aterosklerosis.

Plak ini bisa berkembang seiring waktu, menjadi semakin besar dan menghambat aliran darah. Plak yang paling berbahaya adalah yang tidak hanya mempersempit arteri tetapi juga menjadi rapuh dan mudah pecah. Pecahnya plak ini dapat menyebabkan pembekuan darah yang dapat menutupi arteri sepenuhnya, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau .

Seperti dilansir .id dari youtube Official, beberapa jenis alami yang dapat membantu mengatasi penggumpalan plak di pembuluh darah sebagai penyebab terjadinya stroke dan hipertensi.

Dokter yang juga merupakan pakar dan spesial herbal mengungkap beberapa cara mengatasi penggumpalan plak dalam pembuluh darah, salah satunya dengan mengkonsumsi beberapa jenis bahan alami yang ada di sekitar kita.

“Yang paling gampang itu adalah dengan bawang atau semua jenis bawang-bawangan merah putih Ungu, semua itu bisa dikonsumsi dan ampuh untuk mengatasi plak yang ada di dalam pembuluh darah,” kata dr. Zaidul seperti dilansir id, Minggu, 5/11/2023)

Namun dirinya menambahkan jika se:baiknya bawang yang dikonsumsi se:baiknya tidak dikunyah melainkan langsung ditelan atau dihancurkan terlebih dahulu 

“Kalau mau tapi bawang itu setahu saya dia jangan dikunyah karena dia bisa ngerontokkan gigi ya, kalau makan bawang telan aja atau enggak dihancurin misalkan nih Anda hancurin bawang ya, kemudian bawang itu Anda campurkan madu terus minum dorong pakai air, Nah itu bawang semua jenis bawang-bawangan itu yang pertama.”

“Yang kedua kunyit, habatus sauda itu juga sama, itu juga bisa mengencerkan darah ya kunyit habbatus sauda ya juga bisa punya efek mencairkan plak,”jelas dr. Zaidul 

Tapi yang paling penting kata dr. Zaid yakni perbaiki pola makan, plak itu kan karena lemak penyebabnya, jadi Anda harus turunkan atau kurangi, atau lakukan stop lemak yang minyak goreng dan Olahan siap saji. 

Namun selain beberapa bahan alami di atas beberapa rempah yang ada di dapur juga dapat digunakan sebagai bahan makanan penghancur lemak.

“Pakai aja itu rutinkan aja selama 3 bulan minimal, kalau mau sempurna, tapi ingat dengan catatan Anda perbaiki juga pola makan ya jadi lemak-lemak dalam tubuhnya itu yang biasa diasup lemak tidak sehat, ganti dengan lemak sehat Contohnya zaitun, kemudian kelapa, nih daging kelapanya itu anda makan ya kelapa tua itu bagus tuh buat jantung juga buat pencernaan juga , VCO juga bisa yah seperti itu.” terang dr. Zaidul.

Penting untuk mengendalikan faktor-faktor risiko penyakit arteri koroner dan aterosklerosis, seperti menjaga tekanan darah yang sehat, mengelola kolesterol, berhenti merokok, makan makanan sehat, dan menjalani gaya hidup aktif. Pencegahan dan penanganan dini adalah kunci dalam mengurangi risiko terbentuknya plak di pembuluh darah dan komplikasi serius yang dapat timbul.***(Ar-05)