– Memiliki yang kering tentunya dapat membuat kondisi tidak nyaman. Pasalnya, yang kering akan menyebabkan kluit pecah-pecah. Jika sudah begitu, efeknya bisa saja membuat kamu bisa merasakan perih saat berdiri atau berjalan.

Tak hanya itu kaki yang pecah-pecah bisa juga mempengaruhi kepercayaan diri terhadap penampilan kamu.

Walau terlihat sepeleh, jika dibiarkan, kulit kering di telapak kaki bisa menyebabkan berbagai permasalahan laih, lho! Jadi, jangan biarkan kulit kakimu pecah-pecah yah.

Penyebab Kering & Pecah-pecah

yang pecah-pecah atau retak bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

  1. Kekeringan Kulit

Kekeringan adalah penyebab umum kulit kaki pecah-pecah. Kurangnya kelembapan dapat membuat kulit menjadi kering, keras, dan rentan pecah-pecah.

  1. Kondisi

Cuaca dingin dan kering, terutama selama musim dingin, dapat membuat kulit kaki menjadi lebih kering dan mudah pecah-pecah.

  1. Faktor Genetik

Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki kulit yang lebih kering dan rentan pecah-pecah.

  1. Paparan Air dan Bahan Kimia

Terlalu sering terpapar air, terutama jika diikuti dengan pengeringan berlebihan, atau paparan bahan kimia seperti deterjen, bisa menyebabkan kulit kehilangan minyak dan menjadi kering serta pecah-pecah.

  1. Kurangnya Perawatan

Tidak merawat kaki dengan baik, termasuk tidak menggunakkan pelembap atau melakukan perawatan kebersihan yang tepat, bisa menyebabkan kulit menjadi kasar dan pecah-pecah.

  1. Kurangnya Nutrisi

Nutrisi yang tidak seimbang atau kekurangan vitamin tertentu seperti vitamin A, E, dan C, bisa mempengaruhi kesehatan kulit dan membuatnya rentan pecah-pecah.

  1. Penyakit Kulit

Beberapa penyakit kulit seperti dermatitis, psoriasis, atau eksim dapat menyebabkan kulit kaki menjadi kering, pecah-pecah, dan meradang.

  1. Diabetes

Penderita diabetes bisa lebih rentan terhadap masalah kulit seperti kulit kering dan pecah-pecah karena kadar gula yang tinggi dalam bisa mempengaruhi kesehatan kulit.

  1. Kekurangan Cairan Tubuh

atau kekurangan cairan juga bisa membuat kulit menjadi kering dan lebih mudah pecah-pecah.

Agar kulit kakimu bisa tetap sehat dan terawat, yuk, simak beberapa tips dari bahan