Tuturan id – Mangga merupakan salah satu yang populer di Indonesia. ini bisa dikonsumsi ketika saat matang maupun mentah, dan terkenal kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Hampir semua orang tidak mengetahui makan mangga. Namun tak hanya daging buahnya, juga ternyata bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

kaya akan vitamin A, B dan C serta kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun pohon ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat karena kandungan flavonoid dan polifenolnya yang tinggi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, harus dijadikan bubuk setelah dikeringkan atau digunakan sebagai infus. Anda juga bisa merendam daunnya dalam secangkir air semalaman dan meminum cairannya di pagi hari.

Seperti dilansir tuturan.id dari berbagai sumber, pada Senin (16/10/2023), berikut lima untuk kesehatan:

  1. Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Daun mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah karena memiliki sifat anti-hipertensi. Daun jenis ini membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati masalah varises.

  1. Obati Gangguan Pernapasan

Daun mangga baik untuk segala macam masalah pernapasan. Hal ini sangat berguna bagi orang yang menderita pilek, bronkitis dan asma.

Konsumsi rebusan daun mangga yang direbus dalam air dengan sedikit madu membantu menyembuhkan batuk secara . Ini juga membantu dalam menyembuhkan kehilangan suara.

  1. Obati Batu Ginjal dan Batu Empedu

Daun mangga dapat membantu mengobati batu ginjal dan batu empedu. Asupan harian bubuk daun mangga yang digiling halus, dikeringkan di tempat teduh, dan airnya disimpan dalam gelas semalaman, membantu memecahkan batu dan mengeluarkannya.

  1. Atasi Kegelisahan

Mangiferin, kandungan fitokimia dalam daun mangga memiliki sifat anti-kecemasan yang dapat meredakan kegelisahan yang dialami orang akibat kecemasan.

Menambahkan dua hingga tiga gelas teh daun mangga ke dalam air mandi membantu mengobati rasa tidak nyaman dan menyegarkan tubuh.

  1. Obati Diabetes

Daun mangga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun mangga yang lembut mengandung fitokimia, yang dapat membantu mengobati diabetes.

Daun ini juga dapat membantu dalam mengobati angiopati diabetik dan retinopati diabetik. Rendam daunnya dalam secangkir air semalaman. Saring dan minum air ini untuk membantu meringankan gejala diabetes.**(Sw)