– Banyak orang mengeluhkan capek ketika baru bangun tidur di pagi hari, meskipun sudah tidur berjam-jam dengan durasi tidur yang cukup.

Jangankan beraktivitas, beranjak dari tempat tidur pun berat rasanya.

Lantas, bagaimana mengatasi rasa capek di pagi hari? Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (17/9/), Berikut sejumlah tips yang bisa dicoba:

  1. Mulai Hari dengan Segelas Air Putih

Dilansir dari Healthline, kelelahan di pagi hari biasanya merupakan gejala dari dehidrasi. Di tingkat yang lebih serius, dehidrasi bisa memunculkan rasa ngantuk dan mood (mood swing).

Karena hal tersebut, pastikan tubuh mendapatkan asupan air di pagi hari. Segera minum segelas air putih agar tubuh kembali terhidrasi dan siap untuk mulai menjalani rutinitas.

  1. Peregangan

Sebenarnya, kenapa ya meregangkan badan di pagi hari terasa sangat menyegarkan? Rupanya saat tidur di malam hari, otot tubuh berada dalam kondisi kelumpuhan tidur atau sleep atonia.

Ketika melakukan peregangan usai bangun di pagi hari, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon endorfin ini yang membantu menghilangkan rasa pada tubuh, mengurangi stres, dan memperbaiki mood.

  1. Sarapan Tinggi

Sarapan adalah waktu paling penting dalam sehari. Karenanya, pastikan menu sarapan kaya akan yang dibutuhkan tubuh untuk dapat menjalani aktivitas.

Adapun menu sarapan yang dianjurkan adalah makanan tinggi protein, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, serta buah-buahan yang rendah gula.

  1. Kurangi Asupan Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi memang bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih bersemangat. Tapi terlalu banyak menenggak kopi bisa membuat tubuh merasa sangat lelah di penghujung hari.

Sebuah juga menemukan meminum lebih sedikit kopi dapat mengurangi rasa lelah pada tubuh saat bangun di pagi hari.

  1. Meditasi

Terkadang, perasaan mager muncul akibat tekanan di lingkungan kerja. Mengatasi kondisi ini, cobalah luangkan sedikit waktu di pagi hari untuk bermeditasi dan menenangkan pikiran.

Selain dapat mengusir stres, meditasi di pagi hari juga bisa mengontrol perasaan cemas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan , dan masih banyak lagi.***(jo)