Tuturan id – Sariawan tak kunjung dan membuatmu merasa terganggu, jangan khawatir karena mudah kok, ada sejumlah cara untuk menghilangkan sariawan dengan bahan-bahan alami. Penasaran seperti apa caranya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Sariawan adalah istilah dalam bahasa Indonesia untuk kondisi medis yang dikenal juga sebagai stomatitis aftosa atau aphthous ulcers dalam bahasa . Ini adalah luka kecil yang terbentuk di dalam mulut, biasanya di dalam pipi, bibir, lidah, atau langit-langit mulut. Sariawan biasanya sangat umum dan dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (8/9/), berikut beberapa cara menghilangkan sariawan secara alami:

  1. Kumur Air Garam
    Cara menghilangkan sariawan yang pertama adalah dengan berkumur air garam. melansir laman Very Well Health, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa garam secara efektif dapat membersihkan mulut dan menyembuhkan sariawan.
    Cara penggunaannya juga mudah, cukup larutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian aduk hingga merata, lalu kumur-kumur selama 5-10 detik dan buang setelah selesai.
  2. Soda Kue
    Selain kumur air garam, cara selanjutnya adalah dengan menggunakan soda kue (baking soda). Sebab, soda kue dapat mengurangi peradangan di mulut akibat sariawan sekaligus mengembalikan keseimbangan pH.
    Cara pakainya adalah dengan menuangkan 1/2 sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat. Kemudian aduk sampai merata, lalu kumur-kumur selama 30 detik dan buang jika sudah selesai.
  3. Sari Cuka Apel
    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sari cuka apel memiliki sifat anti jamur. Hal ini dapat membantu melawan bakteri di mulut serta membantu menyembuhkan sariawan.

Untuk cara penggunaannya, campurkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air. Lalu aduk sampai merata, kemudian kumur-kumur selama 30 detik dan buang saat sudah selesai.

  1. Yoghurt
    Yoghurt juga bisa menjadi solusi alternatif untuk menghilangkan sariawan. Sebab yoghurt termasuk minuman probiotik yang dapat mencegah pertumbuhan jamur di mulut
    Melansir dari Healthline, yoghurt juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan jahat di mulut. Karena teksturnya lembut dan mudah ditelan, yoghurt dapat dikonsumsi apabila kamu kesulitan makan saat sariawan.
  2. Kunyit
    Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan adalah kunyit. Soalnya, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang diyakini punya sifat antiinflamasi.
    Menurut sebuah penelitian, senyawa kurkumin di dalam kunyit dapat mengobati sariawan karena mengandung sifat anti jamur.
  3. Minyak Cengkeh
    Minyak cengkeh umumnya digunakan oleh sejumlah masyarakat sebagai obat tradisional, salah satunya untuk meredakan sariawan. Sebab, cengkeh memiliki sifat antiseptik yang dapat mengobati sariawan serta meredakan nyeri.
    Cara penggunaannya cukup mudah, yakni campurkan 1 sendok teh minyak cengkeh ke dalam segelas air hangat, lalu aduk sampai merata dan kumur-kumur selama 30 detik. Untuk menghilangkan rasa kebas, Anda bisa berkumur lagi dengan air putih hangat.
  4. Konsumsi yang Mengandung
    Cara menghilangkan sariawan yang terakhir adalah dengan mengonsumsi -buahan yang mengandung , seperti jeruk, , atau pisang. Selain meredakan sariawan, mengonsumsi yang mengandung juga dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Jika sariawan Anda tidak sembuh dalam beberapa minggu atau jika Anda mengalami sariawan berulang dengan frekuensi yang tinggi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau dokter gigi untuk penilaian lebih lanjut. Mereka dapat mencari penyebab yang mendasarinya dan memberikan saran pengobatan yang sesuai.***(jo)