Tuturan id – Saat ini kita ketahui bersama telah masuk musim panas atau kemarau (), pastinya orang akan lebih banyak menghabiskan waktu atau beraktifitas di luar rumah.

Namun sebahagian orang juga akhirnya banyak mengurangi aktivitas keluar rumah, tetapi untuk jam-jam tertentu kamu tak perlu khawatir dengan paparan sinar matahari, karena paparan sinar matahari di waktu tersebut justru memberikan manfaat bagi tubuh kamu.

Sejumlah riset menyebut paparan sinar matahari sangat penting untuk kesehatan pikiran dan tubuh.

Seperti dilansir dari laman The Indian Times, Minggu (24/9/), seorang konsultan senior penyakit dalam di Rumah Sakit Nanavati Max Super Speciality, Mumbai bernama Rahul Tambe menyebut waktu untuk berjemur biasanya di pagi hari sebelum jam 10.

Berikut 5 manfaat sinar matahari pagi hari bagi tubuh:

  1. Tingkatkan Mood dan Energi
    Cahaya alami adalah penambah suasana hati yang ampuh. Paparan sinar matahari pagi memicu pelepasan hormon endorfin yang merupakan pengangkat suasana hati alami. Ini dapat membantu kamu memulai hari dengan sikap positif dan dorongan .
  2. Tingkatkan Produksi Vitamin D
    Kekurangan vitamin D sangat berkorelasi dengan kualitas yang buruk dan gangguan . Untungnya, vitamin D diproduksi saat kamu terkena sinar matahari langsung pada kulitmu.

Jadi, menangkap sinar tersebut (dengan aman) tidak hanya meningkatkan mood tetapi juga membuat kamu siap untuk lebih nyenyak.

  1. Bantu Pola Lebih Baik
    Paparan sinar matahari pagi dapat membantu mengatur pola tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan membentuk sinyal bangun alami, tubuhmu akan menjadi lebih sinkron dengan jam internalnya, sehingga menghasilkan tidur yang lebih nyenyak di malam hari.
  2. Regulasi Melatonin
    Paparan sinar matahari pagi membantu mengatur produksi melatonin, hormon yang bertanggung jawab atas rasa kantuk. Paparan cahaya alami ini menekan produksi melatonin, memberi sinyal pada tubuhmu bahwa sudah waktunya untuk bangun dan waspada.
  3. Bantu Tingkatan Produktivitas
    Paparan cahaya alami, terutama di pagi hari terbukti meningkatkan fokus, konsentrasi, dan produktivitas secara keseluruhan. Hal ini bisa sangat bermanfaat jika kamu memiliki tugas atau tanggung jawab yang memerlukan kejernihan mental di awal hari.

Menambahkan asupan matahari pagi ke dalam rutinitasmu tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik tetapi juga berdampak positif pada mental dan emosional.

Baik itu berjalan-, berolahraga di luar ruangan, atau sekadar menghabiskan waktu di teras rumah, memanfaatkan sinar matahari pagi dapat menentukan hari yang produktif dan penuh semangat.

Semangat mencoba, semoga bermanfaat yaa luurr!. ***(Sw)