– Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan besar untuk menyaring racun agar tidak menumpuk di dalam tubuh setiap individu.

Selain itu, Ginjal juga memiliki fungsi untuk mengatur tekanan darah dan mengendalikan cairan.

Tanpa fungsi ginjal yang sehat, saraf, otot, dan lain di tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Namun ada beberapa kebiasaan sepele yang ternyata bisa memicu kerusakan ginjal di usia muda.

Dilansir dari National Kidney Foundation, Rabu (27/9/2023), berikut sederet kebiasaan yang memicu kerusakan ginjal di usia muda:

  1. Sering Begadang

Kurang tidur dan sering begadang juga berpengaruh pada fungsi ginjal. Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Pasalnya, fungsi ginjal salah satunya turut dikendalikan siklus bangun-tidur.

Jika kurang tidur berlangsung dalam waktu yang lama, beban kerja ginjal bisa terus bertambah, akibatnya bisa menyebabkan ginjal rusak.

  1. Malas Gerak dan Sering Rebahan

Sedentary lifestyle yang ditandai dengan duduk dalam waktu lama dan malas bergerak juga bisa memicu gangguan ginjal. Sebuah penelitian dari University of Leicerster menemukan semakin lama waktu yang dihabiskan untuk duduk, makin besar pula risiko kerusakan ginjal yang dialami.

Bukan hanya merusak ginjal, tetapi malas gerak juga meningkatkan risiko kegemukan, melitus tipe 2 serta gangguan dan pembuluh darah.

  1. Kurang Minum Air Putih

Kurang mengonsumsi air putih bisa merusak fungsi ginjal. Karena hal itu tetap terhidrasi bisa membantu ginjal untuk membersihkan kadar garam berlebih dan racun dari tubuh.

Disarankan minum air dalam jumlah yang cukup menjadi yang terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal. Untuk orang dewasa, disarankan untuk mengonsumsi air 1,5 sampai 2 liter air per hari.

  1. Sering Konsumsi Olahan

olahan seperti sosis dan nugget yang dikonsumsi berlebihan bisa memicu kerusakan ginjal. Sebab tersebut banyak mengandung natrium dan fosfor.

Banyak pasien ginjal yang harus membatasi asupan fosfor dalam makanannya. Di beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi pada olahan bisa berbahaya bagi ginjal dan .

  1. Sering Menahan Pipis

Menahan kencing dapat menyebabkan batu ginjal terbentuk pada orang dengan riwayat kondisi tersebut atau pada mereka yang memiliki kandungan mineral tinggi dalam urine. Kebiasaan menahan pipis juga bisa memicu infeksi saluran kencing yang berpengaruh pada kesehatan ginjal.**(Sw)