– Daun bidara berukuran kecil dengan buah berbentuk bulat kecil berwarna hijau. Karena kaya manfaat, tanaman ini sering digunakan sebagai bahan -obatan tradisional.

Daun bidara atau Zizyphus mauritania adalah salah satu tanaman herbal dengan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini berasal dari wilayah Tengah yang menyebar luas ke berbagai tempat.

Lantas, apa saja manfaat daun bidara? Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (24/9/2023), Berikut ini 12 manfaat daun bidara yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh:

  1. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi daun bidara secara rutin ternyata juga dikalim dapat membantu menurunkan berat badan.

Hal itu karena senyawa dalam air daun bidara memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu kandungannya membantu pembakaran lemak.

  1. Meningkatkan Nafsu

Dalam bukunya berjudul Rempah-Rempah mengemukakan, daun bidara bermanfaat untuk menambah nafsu . Daun bidara mengandung senyawa dan aroma menyegarkan yang dapat meningkatkan nafsu . Untuk mendapatkan manfaat ini, biasanya daun bidara diolah menjadi kapsul atau teh sehingga memudahkannya untuk dikonsumsi.

  1. Membantu Meredakan Masalah Pencernaan

Ekstrak daun bidara memiliki sifat antispasmodik sehingga dapat membantu meredakan berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung dan diare. Kamu juga dapat mengonsumsinya secara rutin untuk meningkatkan sistem pencernaan dalam tubuh.

  1. Mengobati Wasir

Tak jauh berbeda dari proses melancarkan sistem pencernaan, manfaat dan khasiat daun bidara juga mampu mengobati wasir.

  1. Meredakan Jerawat

Daun bidara berguna untuk meredakan jerawat lantaran dapat membersihkan kulit dan menjaga kesehatannya dengan baik. Cara menggunakannya, yaitu dengan menumbuk beberapa lembar daun sampai halus lalu tambahkan sedikit air sampai tekstur mengental kemudian oleskan pada area wajah yang berjerawat.

  1. Melembapkan Kulit Kering

Daun bidara dapat membantu melembapkan serta menyehatkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, tumbuk daun bidara sampai halus lalu tambahkan sedikit air sampai adonan menjadi pasta.

Setelahnya, oleskan pasta tersebut secara merata pada kulit wajah, tangan, maupun kaki. Kamu juga bisa mengganti air dengan perasan jeruk untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Dilansir dari situs Fakultas , Universitas Sumatera Utara, daun bidara mengandung kalsium dan fosfor yang berguna meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

  1. Membantu Mengobati Sariawan

Sifat antiinflamasi dan antimikroba pada daun bidara diketahui mampu mengobati sariawan. Cara mengonsumsinya yakni dengan mengunyah langsung daun bidara segar atau menggunakan air rebusannya untuk berkumur.

  1. Meringankan Luka Bakar

Sifat antiinflamasi yang terdapat pada daun bidara dapat membantu meringankan luka bakar ringan. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan sari daun bidara yang telah dihancurkan pada luka bakar.

  1. Mencegah

Daun bidara bersifat antidiabetes lantaran senyawa-senyawa di dalamnya mampu mengatur kadar gula darah sekaligus meningkatkan sensivitas insulin.

Bagi kamu yang ingin mengonsumsi daun bidara untuk mencegah , cukup rebus daun ini lalu minum air rebusan tersebut. Kamu juga bisa mengonsumsinya dengan rutin dan teratur.

  1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat daun bidara yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat daun bidara diketahui mampu membantu menurunkan kadar LDL kolesterol jahat. Untuk mengonsumsinya cukup dengan meminum air rebusan daun bidara.

  1. Membantu Mengatasi Flu

Daun bidara mengandung antibakteri aktif yang dapat mempercepat penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, salah satunya flu.***(Sw)