Tuturan id – Dalam potongan Video berdurasi  55 detik yang beredar di media sosial memperlihatkan terdapat dua jasad sisa-sisa mumi berukuran kecil ini, yang diambil dari Cusco, Peru dan dipamerkan dalam kotak berjendela. San Lazaro, Mexico City, menjadi lokasi pemaparan sepasang mayat aneh diduga bukan manusia. 

Jurnalis sekaligus ahli ufologi asal Meksiko Jaime Maussan memperlihatkan kedua mayat tersebut pada Kongres Meksiko, saat kongres publik pertama di Meksiko tentang fenomena anomali tak dikenal (unidentified anomalous phenomena/UAP), Selasa (12/9/23).

perdana UAP ini bertujuan untuk memutuskan fenomena tersebut dalam UU Perlindungan Luar Angkasa. Ini akan menjadikan Meksiko sebagai negara pertama di yang mengakui keberadaan alien di planet ini.

Dalam presentasinya, sang peneliti Jaime Maussan menyebutkan bahwa kedua tubuh yang dibawanya adalah spesimen non-manusia. Pengetesan DNA serta pemindaian dilakukan dan diketahui bahwa makhluk tersebut merupakan makhluk yang tidak diketahui para ilmuwan dengan ciri-ciri fisik yang tidak umum.

Ia menekankan, spesimen non-manusia tersebut baru-baru ini menjalani pemeriksaan di Autonomous National University of Mexico (UNAM), menghasilkan bukti DNA melalui penanggalan radiokarbon.

Maussan berkata, “Spesimen ini bukan bagian dari evolusi terestrial kita. Ini bukanlah makhluk yang ditemukan setelah reruntuhan UFO. Mereka ditemukan di tambang ganggang diatom dan kemudian menjadi fosil.”

Kedua jasad ini hanya memiliki tiga jari di masing-masing tangan dan bentuk kepala yang memanjang. Penemuan keduanya terjadi di Peru pada 2017 dan diprediksi berusia 700 dan 1.800 tahun. 

Para ilmuwan berkolaborasi dalam acara ini, dan Maussan berbicara di bawah sumpah, mempresentasikan temuannya kepada anggota Meksiko dan pejabat AS.

Namun beberapa netizen meragukan presentasi dari Maussan pada kongres Meksiko itu.  

“Pada bulan Juni 2017, Maussan terlibat dalam analisis 5 mumi yang ditemukan di Peru di wilayah tempat situs Garis Nazca Warisan berada. Gambar dari temuan ini awalnya ditayangkan dalam sebuah dokumenter yang disponsori oleh Gaia, Inc. dan diduga menunjukkan tubuh mumi sosok humanoid yang berjongkok dengan tengkorak memanjang dan tiga jari di setiap tangan dan kaki.) Snopes melaporkan bahwa Maussan “memimpin sebuah acara yang disebut Jadilah Saksi, di mana tubuh mumi — konon milik alien — diungkap. Namun kemudian, penemuan ‘alien' itu dibantah. Mayat mumi tersebut ternyata adalah manusia.” sebut akun @awilkinson. **(bee)