Id- Sebuah kebakaran melanda kapal kargo berbendera yang mengangkut hampir 3.000 kendaraan, termasuk mobil mewah, di lepas pantai .

Kebakaran tragis ini menyebabkan kematian satu anggota kru dan melukai beberapa lainnya. Kapal kargo yang dikenal dengan nama Fremantle Highway ini berada dalam perjalanan dari menuju Mesir ketika mengerikan ini terjadi.

Berdasarkan laporan sementara menyebutkan bahwa, kemungkinan besar kebakaran dimulai dari yang berada dalam kargo dan pemilik kapal Shoei Kisen Kaisha Ltd mencatat bahwa sekitar 25 berada di dalam kapal. Namun, perusahaan ini juga menegaskan bahwa penyebab pasti kebakaran masih sedang diselidiki.

Kru kapal berusaha untuk mengatasi kebakaran, namun api yang menjalar dengan cepat membuat beberapa anggota kru terpaksa melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Willard Molenaar dari Royal Dutch Rescue Company (KNRM), yang menjadi salah satu petugas penyelamat pertama yang tiba di lokasi kejadian, menurutnya upaya penyelamaan kru kapal adalah prioritas karena penyebaran api sangat cepat.

“Ada banyak asap dan api menyebar dengan cepat, jauh lebih cepat dari yang diharapkan. Para kru kapal harus keluar dengan cepat… Kami menarik mereka keluar dari air.” ungkapnya dikutip dari laman Reuters.

Sementara upaya pemadaman dilakukan dengan menyemprotkan air dari kapal penyelamat, penjaga pantai memperingatkan bahwa terlalu banyak penggunaan air bisa menyebabkan kapal . Kondisi ini membuat proses pemadaman kebakaran menjadi rumit dan berlarut-larut.

Selain menyebabkan kerugian manusia, kebakaran ini juga membawa potensi bencana . Kapal Fremantle Highway saat ini berada dekat Ameland, salah satu dari empat pulau Frisia yang sangat sensitif secara ekologis. Pulau ini merupakan bagian dari daerah Waddenzee yang telah dinyatakan sebagai situs warisan dunia UNESCO dengan keanekaragaman hayati yang melimpah.

Bencana ini menimbulkan kekhawatiran akan dampaknya terhadap lingkungan laut yang kaya dengan lebih dari 10.000 spesies akuatik dan terestrial, termasuk lebih dari 140 spesies ikan, di mana sekitar 20 di antaranya menghabiskan seluruh hidupnya di daerah pasang surut sepanjang lumpur dataran terkenal pulau-pulau tersebut.

Kapal Fremantle Highway juga membawa beban berharga berupa sekitar 350 kendaraan dari merek mobil ternama, Mercedes-Benz. Keberadaan mobil mewah ini menambah besarnya kerugian materiil yang ditimbulkan akibat kebakaran ini.****