Tuturan id – Menurut laporan surat kabar Israel Haaretz, mengutip kedutaan Israel di Washington, jumlah korban tewas di pihak Israel melebihi 1.000 orang setelah serangan di kota-kota dekat Jalur

Namun,  pejabat  Tel Aviv belum mengkonfirmasi jumlah korban tewas baru, dan sebelumnya pejabat Israel menyebutkan jumlah korban tewas sebanyak 900 orang  dan korban luka-luka sebanyak 2.806 orang. 

Lusinan militan dari kelompok Palestina menyusup ke kota-kota Israel di dekat melalui serangan roket pada Sabtu (7 Oktober). 

mengatakan serangan itu dilakukan sebagai respons terhadap beberapa   Israel di  Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki Israel, serta meningkatnya kekerasan di permukiman Israel.  

Israel membalas serangan   dengan beberapa serangan udara di Jalur dan memblokade wilayah tersebut, yang dihuni hampir 2,3 juta orang.  Menurut Kementerian Kesehatan , setidaknya 830 warga Palestina tewas dan 4.250 lainnya luka-luka akibat pemboman Israel di Jalur Gaza.  

Perdana Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dia akan menggunakan seluruh kekuatan  Israel untuk menghancurkan sumber daya Hamas dan “melakukan balas dendam atas hari yang kelabu ini.”***(ar)