id – Taste Atlas yang merupakan situs panduan kuliner asal Kroasia, menobatkan masakan khas Rawon masuk kategori sup atau makanan berkuah terenak di pada Juli 2023.

TasteAtlas membuat penilaian tersebut berdasarkan peringkat yang diberikan oleh komunitas pembaca mereka. Adapun rawon yang merupakan makanan khas Surabaya mendapatkan skor 4,8 dari skala 1-5 poin.

Rawon berhasil mengungguli beberapa masakan berkuah lain semisal Tonkotsu ramen dari Jepang, dan tom kha gai asal Thailand serta Sopa de lima dari Meksiko.

TasteAtlas mendeskripsikan bahwa Rawon (Beef Black Soup) merupakan Sup beraroma yang biasanya dibuat dengan daging yang direbus perlahan dan bahan tradisional lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, elemen kuncinya adalah buah kluwek, kacang hitam .

Bumbu yang tidak biasa ini sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Itu digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa yang bersahaja dan asam serta warna hitam gelap yang . Asal muasal sajian tersebut diyakini dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur.

Rawon segera menjadi favorit di kalangan bangsawan dan dengan cepat menjadi populer. Hari ini dapat dengan mudah ditemukan di menu banyak restoran tradisional Indonesia. Biasanya disajikan bersama nasi putih, telur asin, tauge, dan sambal pasta cabai Indonesia yang pedas, tulis situs TasteAtlas.
Kini rawon semakin mudah dibuat dengan banyaknya tersedia Bumbu instan rawon dijual di pasar tradisional maupun pasar modern dengan harga yang sangat terjangkau. Rawon biasa dihidangkan pada acara jamuan atau perayaan besar seperti . ****