Tuturan id – Usai sambangi Singapura dan beberapa kota besar lainnya, sculpture karya seniman Kaws selama dua minggu ke depan bakal berada di Indonesia yang mulai dapat dinikmati hari ini. Seniman asal New Jersey Amerika ini memilih area kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, sebagai lokasi pertunjukkan karya seninya.

KAWS: Holiday Indonesia dipamerkan mulai 19 hingga 31 Agustus dari jam 8 pagi hingga 5 sore setiap hari di pelataran Candi yang merupakan Situs Warisan UNESCO yang berdiri sejak abad ke-9 ini. Indonesia menjadi pemberhentian kesepuluh setelah tur dimulai di Seoul dan melakukan ke Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Changbai, Melbourne, sampai menembus luar angkasa.

Karakter Viral berupa Balon sepanjang 45 meter dan setinggi 15 meter dengan balutan warna pink terang tampak dalam posisi terbaring, sambil menutup matanya dengan kedua telapak tangan. Patung monumental KAWS Accomplice untuk penampilan di Indonesia tampak tidak biasa, Brien Donnelly nama asli sang seniman biasanya memakai warna hitam maupun abu-abu, namun kali ini dirinya menggunakan warna Pink dan ukuran juga lebih besar dari biasanya.

Ternyata sang seniman dan partner lokal punya alasan khusus dibalik pertunjukkannya di Indonesia yang tampak berbeda, hal ini diutarakan Board Member dari AKG Entertainment, Axton Salim.

Axton mengaku warna pink sengaja dipilih tim AllRightsReserved dan AKG Entertainment sebagai partner lokal sebagai warna yang kontras dengan lanskap Candi Prambanan dan suasana pepohonan hijauh di area tersebut.

“Patung monumen seperti ini, warna pink yang disukai tentunya menjadi kontras. Jadi warna ini sudah pernah dipakai di karya sebelumnya tapi untuk saya it looks nice dengan warna dan hitam milik Candi,” Axton sang bos Indofood ini.

Kolaborasi Kaws dan AKG Entertainment membawa Patung monumental KAWS Accomplice ke Candi Prambanan turut menarik media rujukan utama fashion muda bergaya streetwear di seluruh @Hypebeast.

Hypebeast menulis KAWS:HOLIDAY' lays beside Indonesia's ancient Prambanan Temple

KAWS sang pencipta patung raksasa fenomenal merupakan lulusan School of Visual Arts New York City tahun 1996. Selain memamerkan karyanya untuk pertama kali di Indonesia, KAWS tampak mengagumi karya seniman lokal indonesia. Pada postingan terbarunya KAWS tampak memposting beberapa karya yang tampil di @Artjog pada Instagram pribadinya.****