Tuturan id – Dengan teknologi canggih yang terdapat pada uang rupiah membuat (BI) memastikan tidak dapat dipalsukan.

Menurut BI ada beberapa teknologi yang terdapat pada uang rupiah yang hanya diketahui oleh bank sentral.

“Pemalsuan Rupiah tidak akan bisa mirip dari sisi apa pun,” Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison saat ditemui usai kegiatan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (Ferbi) di Jakarta, Jumat, dimutip antarnews.

Dalam kesempatan itu Marlison mengatakan terdapat 3 level tingkatan dalam mendeteksi uang rupiah. Yang pertama, dari sisi kasat mata dan bisa dirasakan saat diraba.

Kedua, yakni dari sisi cash holder atau penggunaan uang yang dilengkapi dengan teknologi ultraviolet.

Dan adapun level yang ketiga yakni teknologi pada titik-titik tertentu yang hanya diketahui oleh .

“Untuk level pertama yang diraba dan dilihat saja sangat mudah membedakan mana yang uang asli dan mana yang uang palsu, belum ke level-level yang lain,” jelas Marlison.

Sementara itu Marlison, proses pencetakan uang juga melibatkan tinta khusus yang tidak diperjual belikan secara bebas, serta mesin cetak yang juga khusus dan terbatas. Menurutnya, proses itu membuat aksi pemalsuan uang semakin sulit untuk dilakukan.

Dirinya menjelaskan, pemalsuan uang umumnya sangat konvensional, hanya dengan menggunakan laser printer dan kertas biasa.

Sementara uang rupiah didesain dengan menggunakan teknologi khusus yang tidak dapat terdeteksi oleh mesin lain untuk dicetak ulang, seperti melalui mesin fotocopy.

“Kalau hanya sekadar print laser saja, itu sudah tidak akan bisa. Kalau Rupiah difotokopi, meski berwarna, tapi ada teknologi terkini yang kalau keluar hasilnya berwarna hitam. Karena di dalamnya ada sebuah teknologi tersembunyi,” kata dia.

Marlison mengatakan meski pemalsuan uang marak terjadi, termasuk juga di beberapa negara lainnya. Namun, dirinya yakin uang rupiah aman dari risiko pemalsuan uang tersebut.

“Kalau pemalsuan itu di setiap negara selalu ada, tetapi kalau Rupiah itu sudah tidak akan bisa,” tambah Marlison.

Desain keamanan pada uang Rupiah juga diakui dalam taraf global. Hal itu tercermin pada penobatan seri uang kertas baru di oleh International Association of Currency Affairs (IACA) terhadap uang Rupiah tahun emisi 2022.

Prestasi tersebut berhasil diraih Rupiah karena inovasi dan keunikan fitur keamanan, integrasi unsur sejarah dengan konten lokal yang berkaitan dengan negara penerbit, efektivitas dai integrasi fitur keamanan, serta estetika tampilan dan desain uang kertas.****