id – Jangan sampai kelewatan buat lihat terbesar dan paling terang sepanjang 2023 ini. Fenomena yang terjadi mulai Rabu malam 30 Agustus 2023, dan puncaknya terjadi pada malam ini, 31 Agustus 2023.

Mengutip keterangan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Fenomena ini dapat dilihat secara langsung tanpa alat bantu.

Agar mendapatkan visibilitas yang bagus menikmati fenomena ini, para ahli merekomendasikan untuk menghindari kota-kota besar dan menuju daerah dengan langit cerah, meskipun peluang sangat bergantung pada cuaca dan bahkan .

Namun harus dipahami, tidak berarti terlihat dalam kondisi berwarna biru, akan tetapi bakal terlihat 7% lebih besar dan 16% lebih cerah dari tampak seperti biasanya, karena posisi berada di titik terdekatnya dengan bumi, lebih dekat sekitar 350.000 an kilometer.

Fenomena juga bertepatan sama konjungsi bulan dengan planet saturnus, puncaknya akan terjadi pada malam ini pukul 21.36 WITA.

Hal yang cukup langka terjadi, jika biasanya purnama itu terjadi sekali dalam sebulan, nah ini purnama ke-2 dalam satu bulan kalender. Kejadian bulan purnama ini terjadi setiap 2,7 tahun.

Peristiwa adalah di mana Bulan bergerak mengelilingi Bumi dalam orbit elips, atau lingkaran memanjang, dengan Bumi dekat ke salah satu sisi elips.

Sebenarnya istilah “Blue Moon, tidak memiliki dasar dalam terminologi astronomi. Sementara itu, istilah “Supermoon” merujuk pada saat bulan purnama bersamaan dengan perigee, yaitu titik dalam orbit bulan yang berjarak paling dekat dengan bumi.***(bee)