– Umat Muslim di seluruh melaksanakan qurban berupa hewan ternak sebagai bentuk dan pengorbanan kepada Allah SWT. Qurban pada dasarnya hukumnya adalah sunnah muakkad dan dianjurkan dilakukan bagi mereka yang mampu secara finansial.

Selain memahami keutamaan sebagai ibadah berbagi kepada sesama dan proses fisik penyembelihan hewan qurban, penting bagi kita untuk memahami dan pentingnya doa yang diucapkan, Adab dan Syaratnya saat menyembelih hewan qurban.

Doa Berqurban

Doa memiliki signifikansi spiritual yang mendalam dan mengarahkan kita untuk memahami nilai-nilai keagamaan agar lebih ridho dan ikhlas dalam berqurban.

Sebelum melaksanakan penyembelihan Hewan Qurban, seorang Muslim dianjurkan untuk membaca doa sebagai ungkapan syukur dan permohonan ampunan kepada Allah SWT. Berikut adalah contoh doa yang biasa diucapkan sebelum menyembelih hewan qurban:

بِسْمِ اللهِ اللَّهُ أَكْبَرُ

“Bismillahi Allahu Akbar”

Artinya: “Dengan nama Allah, Allah Maha Besar.”

Dengan membaca doa ini, kita mengingatkan diri sendiri bahwa penyembelihan ini dilakukan semata-mata karena Allah SWT, dan bahwa kita mengakui kebesaran-Nya dalam segala aspek kehidupan kita.

Setelah Menyembelih Hewan Qurban Setelah penyembelihan selesai, seorang Muslim juga dianjurkan untuk membaca doa sebagai tanda rasa syukur dan permohonan ampunan kepada Allah SWT. Berikut adalah contoh doa yang biasa diucapkan setelah menyembelih hewan qurban:

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm)

Artinya: “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada-Mu. Karenanya Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Bila menyembelih Qurban orang lain, dapat membaca doa sebagai berikut:

(….) بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَ إِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنْ 

Bismillah wallahu akbar. Allahumma minka wa ilaika, fataqabbal min … (ucapkan nama pemilik hewan kurban)

Artinya: “Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar, Ya Allah, kurban ini dari-Mu dan untuk-Mu, terimalah kurban (nama pemilik hewan kurban).

Doa menyembelih Qurban untuk 7 orang

Ada riwayat hadits yang memperbolehkan satu sapi untuk kurban diperuntukkan untuk 7 pemilik kurban.

Lalu, bagaimana doa menyembelih hewan kurban untuk 7 orang?

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِن… يَا كَرِيْمُ

(Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal min (ucapkan nama ke-7 pemilik hewan kurban) yâ karîm)

Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini kami bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada-Mu. Karenanya Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub kami.”

Doa ini mengandung harapan kita bahwa amal ibadah yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT sebagaimana diterima dari para Nabi-Nya yang saleh.

Pentingnya membaca Doa dalam penyembelihan sebelum dan setelah menyembelih hewan qurban memiliki yang sangat penting dalam ibadah ini. Melalui doa tersebut, kita mengingatkan diri sendiri tentang tujuan sejati dari penyembelihan hewan qurban, yaitu sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Selain itu, doa ini juga menggambarkan kesadaran kita sebagai hamba yang rentan terhadap dosa dan kelalaian. Dengan memohon ampunan dan menerima pengorbanan yang kita lakukan, kita berharap untuk mendapatkan keberkahan dan keampunan dari Allah SWT.

Rukun atau Syarat Menyembelih Hewan Qurban

Dalam menyembelih hewan qurban, wajib memahami apa yang menjadi ruku menyembelih hewan Qurban, agar ibadah tersebut afdal di hadapan Allah SWT.

  1. Penyembelih harus beragama Islam.
  2. Hewan yang disembelih harus halal, baik itu zatnya memperolehnya halal dan bukan dari hasil mencuri atau menipu.
  3. Menggunakan pisau atau alat potong yang tajam supaya hewan qurban tidak menderita terlalu lama saat disembelih.

Adab Penyembelihan Hewan Qurban

Penyembelihan hewan Qurban, harus mengedepankan adab, artinya hewan yang akan disembelih diperlakukan dengan penuh kasih sayang. Beberapa adab yang perlu dilakukan yakni :

  1. Memperlakukan hewan qurban dengan lembut
  2. Tidak menghardik seperti mendorong atau menggusur
  3. Tidak menyakiti hewan secara kasar
  4. Merobohkan hewan qurban yang akan disembelih secara hati-hati
  5. Tidak melukai hewan dengan sengaja
  6. Jangan gunakan pisau tumpul karena dapat menyiksa hewan.
  7. Jangan mengasah pisau atau alat tajam, termasuk menyembelih hewan di hadapan hewan qurban lainnya yang akan disembelih.
  8. Membaringkan hewan di sisi kiri dan meletakkan kaki kita di sisi leher hewan.
  9. Hewan menghadap ke arah kiblat
  10. Mengucap takbir sebelum menyembelih hewan
  11. Proses menyembelih pada 3 bagian saluran yaitu saluran napas, saluran dan saluran darah
  12. Melakukan penyembelihan maksimal 3 kali iris dan tidak boleh diangkat saat pengirisan

Kapan Waktu Pelaksanaan Kurban yang Utama?

Waktu menyembelih hewan qurban harus dilakukan sesuai dengan syariat Islam yakni pada Idul Adha atau tiga hari tasyrik pada 11, 12, 13 Zulhijah.

Syaikh Wahbah Al-Zuhaili Dalam kitab Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu mengatakan, “Para ulama sepakat waktu utama menyembelih hewan kurban adalah hari pertama sebelum matahari tergelincir (sebelum zuhur), karena hal itu sunah.”

Ini menunjukkan waktu yang paling utama menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha, yaitu setelah shalat Idul Adha dilaksanakan hingga sebelum masuk waktu Zhuhur.

Jika di masa dan ada mudharat yang harus dihindarkan maka menghindari kerusakan harus lebih diutamakan dari pada mengejar kemaslahatan. *