id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, telah mengumumkan bahwa terdapat sebanyak 572.496 lowongan yang tersedia dalam seleksi CASN . Lowongan ini tersebar di 72 instansi , baik di tingkat Pusat maupun Daerah.

Bagi mereka yang bercita-cita bergabung menjadi Aparatur Sipil Negara, seleksi CASN ini terbuka untuk dua kategori utama, yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Jumlah formasi ini terdiri dari 28.903 formasi CPNS dan 49.959 PPPK di tingkat pusat. Sementara itu, formasi daerah terdiri atas 296.084 PPPK guru, 154.724 PPPK tenaga kesehatan, dan 42.826 PPPK teknis.

Hal menarik, sebagaimana yang disampaikan sebelumnya pada 3 Agustus yang lalu, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas menyebut pengadaan PPPK telah menyampaikan bahwa 80 persen formasi PPPK untuk honorer.

Sementara jadwal Pendaftaran untuk Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 dijadwalkan akan dibuka pada tanggal 17 September mendatang hingga 6 Oktober 2023, melalui portal resmi yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang dikenal dengan sebutan Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Portal pendaftaran resmi mulai dapat diakses pada tanggal 17 September mendatang melalui laman https://sscasn.bkn.go.id. Dalam era digital seperti sekarang, para pelamar wajib memastikan bahwa telah mengakses halaman yang yang benar-benar resmi, karena terdapat beberapa situs web yang menampilkan nama yang mirip dengan SSCASN untuk menghindari risiko penipuan.

Beberapa dokumen yang perlu disiapkan yakni sebagai berikut:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nomor Kartu Keluarga (KK)
  3. Nomor NPWP (jika ada)
  4. Nomor Telepon dan Email Aktif
  5. Surat Tanda Registrasi (STR) atau Surat Praktik (SIP) (jika Anda seorang tenaga medis)
  6. Ijazah Terakhir
  7. Transkrip Nilai
  8. Akta Kelahiran
  9. Daftar Riwayat Hidup

Bagi Peserta Baru, Cara Pendaftarannya sebagai berikut:

  1. Buka situs https://sscasn.bkn.go.id yang memuat memuat seluruh informasi terkait proses rekrutmen CASN.
  2. Pelamar wajib memahami tata cara dan syarat pendaftaran dengan cermat dan teliti.
  3. Pilih “Daftar” di laman awal
  4. Isi formulir pendaftaran CPNS dan PPPK
  5. Verifikasi nomor telepon dan email aktif
  6. Verifikasi data dan upload dokumen CPNS dan PPPK
  7. Tunggu proses verifikasi
  8. Login ke akun SSCASN dengan NIK dan password setelah mendapatkan email verifikasi
  9. Lengkapi profil dan pilih instansi CPNS dan PPPK
  10. Pilih formasi dan klik daftar. **(bee)