Tuturan id – adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah, yang digunakan oleh umat Muslim sebagai referensi dalam menentukan tanggal-tanggal penting dalam agama Islam.

Bulan memiliki makna dan keutamaan tersendiri dalam tradisi Islam. juga merupakan salah satu dari empat bulan suci dalam Islam, bersama dengan Rajab, Dzul-Qa'dah, dan Dzul-Hijjah. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menyebutkan keutamaan bulan Muharram dalam Surah At-Tawbah (9:36).

Selain itu salah satu Peristiwa penting yang terkait dengan Muharram adalah Hijrah, yaitu hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dari Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Hijrah ini juga menandai awal dari penyebaran Islam dan pembentukan masyarakat Muslim yang kuat di Madinah.

Bulan Muharram juga dijadikan sebagai momentum Refleksi dan pembaharuan. Bagi banyak umat Muslim, 1 Muharram juga menjadi waktu untuk merenung dan memulai kembali komitmen mereka terhadap agama dan perbaikan diri. Ini mungkin melibatkan menetapkan tujuan baru, meningkatkan ibadah, dan berupaya meningkatkan kesadaran diri spiritual.

Untuk itu terdapat beberapa amalan yang disunnahkan (dianjurkan) di dalam bulan Muharram diantaranya:

  1. Puasa

Puasa pada bulan Muharram, khususnya pada tanggal 9 dan 10 Muharram (puasa ), sangat dianjurkan. Rasulullah Muhammad SAW juga menganjurkan umat Muslim untuk berpuasa pada hari . Jika memungkinkan, disarankan untuk berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram, atau pada hari-hari putih (9, 10, dan 11 Muharram).

  1. Shalat dan Ibadah Ekstra

Meningkatkan ibadah dan ketaatan kepada Allah dengan melakukan shalat sunnah tambahan seperti Shalat Sunnah Muakkadah, Shalat Tahajjud, atau shalat sunnah rawatib. Menghabiskan waktu lebih banyak untuk beribadah, membaca Al-Qur'an, berdzikir, dan berdoa juga merupakan amalan yang dianjurkan.

  1. Sedekah

Muharram adalah waktu yang baik untuk bersedekah dan memberi sumbangan kepada mereka yang membutuhkan. Memberikan kepada orang miskin, memberi makanan, dan membantu sesama adalah amalan yang dianjurkan untuk meningkatkan kebaikan di bulan ini.

  1. Memperbanyak Istighfar

Memohon ampunan kepada Allah SWT dengan melakukan istighfar secara rutin. Merenungkan dosa-dosa yang dilakukan dan berusaha untuk memperbaiki diri adalah bagian penting dari amalan di bulan ini.

  1. Meningkatkan Kebaikan dan Akhlak

Bulan Muharram merupakan waktu yang baik untuk meningkatkan perilaku dan akhlak yang baik. Berlaku baik kepada , tetangga, teman, dan orang lain di sekitar kita adalah amalan yang dianjurkan di bulan ini.

Penting untuk diingat bahwa amalan yang disunnahkan di bulan Muharram dilakukan dengan yang ikhlas dan semata-mata untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT. Selain itu, perlu diingat bahwa amalan ini bukanlah ibadah wajib, tetapi disarankan dan dianjurkan sebagai bentuk pengabdian dan kecintaan kepada Allah SWT.

Meski demikian setiap umat Muslim memiliki pemahaman dan yang berbeda terkait bulan Muharram, tergantung pada budaya, tradisi, dan keyakinan masing-masing. Namun, umumnya bulan ini dianggap sebagai waktu yang suci, penuh dengan nilai-nilai keagamaan, refleksi, dan perenungan.****