id – Ganjar Pranowo yang merupakan Calon (Capres) dari 3, menyarankan Cawapresnya Mahfud MD untuk mundur dari jabatannya, yakni sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI di kabinet Indonesia Maju, diera pemerintahan Jokowi.

Usulan itu, disampaikan Ganjar guna menghindari timbulnya konflik kepentingan politik, karena Mahfud MD kini berpasangan dengan dirinya sebagai calon wakil (Cawapres) di Pemilu .

“Saya sarankan mundur lah, berubah lah aturan. termasuk Pak Mahfud. Jadi kita sudah diskusi dengan beliau pada soal ini agar fair lebih baik mundur lah. Kalau aturannya mau dibuat lebih bagus, pasti akan lebih senang,” kata Ganjar kepada wartawan di Kendal, Jawa Tengah, Selasa, 23 Januari .

Karena menurut mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut, mengatakan keputusan aturan untuk para pejabat publik sangat berpotensi adanya konflik berkepentingan. Meskipun telah dilakukan secara hati-hati.

“Mampu enggak kita menjaga diri kita untuk bisa netral dan tidak menggunakan fasilitas. Beberapa kejadian orang menggunakan fasilitas, menggunakan alat transportasi alasannya kunjungan kunjungan kerja tapi di sana kan bisa melihat, maka kita sedang mengambil risiko itu,” ucap Ganjar.***