Tuturan id – Empat bank besar di Indonesia berhasil mencatatkan peningkatan bersih gabungan yang mengesankan. Hal tersebut terungkap dalam laporan Samuel Sekuritas yang dirilis pada Rabu (7/6/).

Keempat bank tersebut adalah PT Bank BCA Tbk (kode BBCA), PT Bank Mandiri Tbk (kode BMRI), PT Bank BRI Tbk (kode BBRI), dan PT Bank BNI Tbk (kode BBNI).

Dalam kurun waktu Januari hingga April , keempat bank kelas atas ini berhasil mencatatkan bersih gabungan sebesar Rp57,9 triliun. Jumlah ini menunjukkan peningkatan sebesar 19,9 persen dibandingkan dengan bersih gabungan pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan yang signifikan ini didorong oleh faktor utama, yaitu penurunan biaya provisi yang terjadi sepanjang periode tersebut. Biaya provisi yang dianggarkan oleh keempat bank ini tercatat sebesar Rp20,4 triliun.

Menariknya, biaya provisi tersebut mengalami penurunan sebesar 24,7 persen jika dibandingkan dengan periode Januari hingga April 2022. Hal ini menunjukkan efisiensi yang dicapai oleh keempat bank dalam mengelola risiko kredit dan pembiayaan.

Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI terus berupaya memperkuat posisi mereka di industri perbankan. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah mengimplementasikan strategi yang berhasil, termasuk pengembangan produk dan layanan yang inovatif serta perluasan jaringan cabang.***