Tuturan id – Usai Anak Putra Sulung Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep resmi jadi ketua umum , banyak tokoh politik yang berharap agar ikut turut mendukung pencapresan Ganjar Pranowo di .

Salah satu tokoh politik yang ikut berharap agar mendukung pencapresan Ganjar Pranowo yakni, Ketua Umum Seknas Jokowi, Rambun Tjajo.

Seknas Jokowi ini berharap agar bisa ikut satu gerbong mendukung Ganjar Pranowo di kontestasi . Hal tersebut diungkap Rambun saat agenda perjamuan PSI di Kantor Seknas Jalan Cikatomas, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Oktober .

“Pilihan-pilihan secara organisasi tentunya Mas Kaesang dan teman-teman PSI akan mengambil posisi sendiri, meskipun kita sangat senang kalau kita sama-sama di 2024 pakai baju garis-garis (putih abu-abu) dan segala macam,” katanya.

Tak hanya itu, Rambun mengatakan dalam pertemuan dengan PSI, sempat disampaikan arah dukungan Seknas Jokowi di Pilpres 2024. Rambun memastikan organisasinya bakal mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Selain soal arah dukungan, Rambun menyebut pembicaraan dengan PSI juga membahas perjalanan Seknas Jokowi dalam dinamika politik. Dalam kesempatan itu, Rambun mengklaim, Seknas Jokowi banyak mendapatkan inspirasi dan aspirasi dari sosok Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang juga ayah Kaesang.

“Pak Jokowi selalu menjadi referensi termasuk program kita yang namanya agenda 45 itu adalah inspirasi yang kita dapat dari apa yang dilakukan Pak Jokowi dan hasil interaksi kita dengan Pak Jokowi,” katanya.

Bagi Seknas Jokowi, kata dia, arah dukungan pencapresan harus sesuai dengan semangat Agenda 45.

“Jadi saya berharap bahwa apapun pilihan yang diambil sesuai agenda 45 ini sebagai sebuah aspirasi nasional, aspirasi kebangsaan. Kita masih tetap bisa kerja sama dan kami kan kebanyakan juga orang-orang generasi Pak Jokowi mungkin bisa mengantarkan Mas Kaesang dan teman-teman lebih muda untuk Indonesia lebih maju,” katanya.

Di lain sisi, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengatakan pertemuan tersebut merupakan silaturahmi untuk mensinergikan hal yang dapat dikolaborasikan ke depannya.

Adapun soal arah dukungan Seknas Jokowi maupun relawan lainnya, Kaesang menyebut bukan masalah.

“Bagaimanapun dari Seknas kan sudah menyatakan dukungan ke Pak Ganjar, ya kita ya udah gitu. Kita kan memang mengunjungi semua, seperti kemarin kita dengan Samawi kan mendukung Pak Prabowo, dan beberapa relawan yang memang sudah menyatakan dukungannya, ya kami ya udah tidak apa-apa,” katanya.

Menurut Kaesang, soal arah dukungan pencapresan adalah hal dari masing-masing relawan. PSI sendiri, kata Kaesang, belum ada memberi dukungan ke capres tertentu.

“Ya baru saja ngomong, belum kok,” katanya.***(Nov)