Tuturan id – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Soedirman (Unsoed) Purwokerto menjadi kampus berikutnya menyusul BEM UI menantang Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto untuk melakukan debat terbuka atau bertukar pendapat di Kampus Mereka.

Sebelumnya, BEM UI terlebih dahulu mengundang bakal calon presiden mulai dari Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto mendatangi kampus guna melakukan debat.

“Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua calon presiden dan bakal calon presiden untuk hadir ke UI karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian. Kami siap menyampaikan aspirasi kami dan mendebat seluruh argumen kalian jika perlu,” ujar Ketua BEM UI Melki Sedek Huang melalui keterangan tertulis, Senin, 21 Agustus 2023.

Anies Baswedan menjadi kandidat pertama yang menyatakan kesiapannya menerima tantangan debat dari Mahasiswa. Anies mengaku bersedia untuk meladeni tantangan debat yang akan membedah yang diusungnya pada 2024 ini.

 “Yuk, kapan?” tulis Anies di akun Twitter-nya @aniesbaswedan, Senin, 21 Agustus 2023

Sementara Ganjar Pranowo menyatakan masih terlalu dini untuk membahas soal debat .

“Debat opo. Sabar, wong belum apa-apa kok debat, sabar,” kata Ganjar saat menghadiri kegiatan di UGM, Selasa (22/8/2023).

Tantangan debat dari kedua kampus besar di Indonesia untuk membedah yang diusungnya pada 2024, menarik untuk ditunggu. Hal ini mengingat 56 persen pemilih merupakan kalangan millenial dan , yang dikenal lebih kritis sama kualitas calon presiden.

Apalagi hal ini kini bisa saja terjadi, mengingat larangan ‘kampanye'-dalam tanda kutip di tempat pendidikan dan fasilitas secara resmi dicabut melalui Mahkamah Konstitusi (MK) pada 15 Agustus 2023 yang lalu.(bee)****