Tuturan id – Sudah menjadi tradisi bagi warga Indonesia dalam rangka menyambut hari 17 Agustus yang diperingati setiap tahunnya, mulai dari pelaksanaan upacara, hingga berbagai perlombaan.

Hali itu dilakukan untuk merayakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia itu, serta menanamkan semangat juang para pahlawan dalam meraih .

Seperti halnya yang dilakukan oleh warga Kota Batam, Kepulalauan Riau yang akan menggelar lomba menghias gapura dalam rangka ke-78 tahun ini.

Adalah Sirajudin Nur yang merupakan penggagas kegiatan lomba hias gapura se-Kota Batam itu mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar dalam rangka turut berpartisipasi menyemarakkan ke-78 ini.

“Kegiatan ini tujuannya yakni dalam rangka memeriahkan RI yang ke-78, untuk mengisi kegiatan-kegiatan positif antara RT/RW se kota Batam, khususnya pada pelaksanaan hari 17 Agustus mendatang,” ujar Anggota DPRD Provinsi Sirajudin Nur.

“Hal ini juga sebagai wadah untuk meningkat jiwa nasionalisme para warga se kota Batam, serta menumbuhkan semangat kerjasama dan bergotong royong” imbuhnya.

Bacaleg DPD RI perwakilan periode 2024 itu juga berharap kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini dapat menjadi momentum bagi warga untuk mengenang semangat juang para pahlawan bangsa yang diperingati setiap tahunnya, Sirajudin juga menuturkan perlombaan ini nantinya akan memperebutkan piala bergilir.

“Insyaallah perlombaan hias gapura antara RT/RW se-Kota Batam ini akan memperebutkan piala bergilir, sehingga ditahun-tahun berikutnya kegiatan ini akan kita laksanakan kembali,” tutur putra kelahiran Sanglar, Riau itu.

Tidak hanya berupa piala bergilir para pemenang lomba hias gapura ini juga nantinya akan mendapatkan hadiah uang tunai dengan total senilai Rp. 10 juta rupiah.

Bagi warga se Kota Batan yang ingin mendaftarkan RT/RWnya untuk mengikuti lomba ini dapat melakukan langsung ke pihak penyelenggara atau menghubungi nomor WhatsApp di 0895603750389 atas nama Jessy.

Dan berikut ini ada lah syarat dan ketentuan lomba hias gapura se-Kota Batam tahun :