Tuturan Id – Beredar kabar tak mengenakkan di kalangan masyarakat ketika pesan berantai WhatsApp menyebarkan kabar bahwa budayawan terkemuka, Emha Ainun Najib atau yang akrab disapa Cak Nun, telah meninggal .

Dr Sardjito Yogyakarta, yang dengan tegas menepis kabar tersebut. Pihak Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada (UGM) ini memastikan bahwa kabar mengenai meninggalnya Cak Nun adalah sebuah hoax, alias tidak benar. Sebaliknya, Cak Nun masih dalam kondisi dirawat di Dr Sardjito sejak tanggal 6 Juli akibat pendarahan otak.

Kepala Bagian , Organisasi, dan Dr Sardjito, Banu Hermawan, menjelaskan bahwa kondisi Cak Nun masih sama seperti hari sebelumnya, dan dia tetap berada di bawah perawatan medis di rumah sakit tersebut.

Meskipun Sardjito tidak dapat memberikan informasi rinci tentang kondisi Cak Nun, mereka memastikan bahwa Cak Nun dalam kondisi stabil.

Kabar tentang Cak Nun juga diperkuat oleh unggahan terbaru di akun resmi @caknundotcom, yang menyampaikan bahwa Cak Nun berada dalam kondisi baik, diiringi doa maupun dukungan dari keluarga dan teman-temannya. Bahkan, kabar lain menyebutkan bahwa tokoh multitalenta ini terlihat gembira dan bersyukur selama masa perawatannya.

Sebelumnya beberapa tokoh ternama juga telah menjenguk Cak Nun di RSUP Dr Sardjito antara lain, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Mantan Gubernur , Baswedan, bersama dengan eks Panglima TNI, Gatot Nurmantyo.

Selain itu, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB, Muhaimmin Iskandar, budayawan dan sastrawan Sujiwo Tejo, serta seniman Nasirun juga pernah mengunjungi Cak Nun saat masa perawatannya di Rumah Sakit.