Tuturan id – Perpaduan angka tujuh berwarna merah solid dan angka delapan yang terbentuk dari lima garis berwarna merah serta “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” menjadi dasar desain Logo ke-78 Kemerdekaan RI.

Logo resmi Dirgahayu RI Ke-78 terpilih, merupakan rancangan Katarina Monika yang merupakan seorang design grafis anggota ADGI yang berasal dari Tagerang.

Secara filosofis, Kesatuan logo tersebut mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan serta bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Hartono dalam sosialisasi Logo RI Maret yang lalu menyebut, jika logo ini merupakan pilihan Presiden Joko Widodo didesign oleh Katarina.

Logo ini merupakan hasil proses penyaringan yang dilakukan Kemenparekraf dari lima logo yang menjadi nominasi rancangan desainer anggota ADGI (Asosiasi Desain Grafis Indonesia). Hasil penyaringan kemudian diserahkan kepada Presiden RI, untuk dipilih.

Logo dan ke-78 RI tahun 2023 yang terpilih ini nantinya dapat digunakan secara luas oleh , sebagai identitas visual dalam rangka menyambut dan memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada pada 17 Agustus 2023 mendatang. *

Ingin mengunduh Logo RI ke-78, klik disini